Laman

Jumat, 16 November 2012

Materi Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan PANCASILA SEBAGAI SUATU SISTEM FILSAFAT

PANCASILA SEBAGAI SUATU SISTEM FILSAFAT

            Sebagai suatu sistem filsafat, Pancasila merupakan hasil perenungan tentang isi dan jiwa peradaban bangsa Indonesia dan nilai-nilai asli yang hidup dalam masyarakat Indonesia sehari-hari jauh sebelum Indonesia merdeka dalam hubungannya dengan Tuhan YME, dengan kemanusiaan, dengan bangsa dan neagara, dengan rakyat Indonesia dan dengan keadilan hidup.
Dikaitkan dengan sistem, maka Pancasila mengandung lima sila (sub sistem) peradaban yang saling memberikan keseimbangan dalam suatu kesatuan yang utuh dan harmonis.

LIMA SILA PERADABAN PANCASILA
1.        Sila pertama: Ketuhanan YME adalah ketuhanan yang adil beadab, yang....
2.        Sila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab adalah kemanusiaan yang berketuhanan YME yang berpersatuan Indonesia, yang......
3.        Saila ketiga: Persatuan Indonesia adalah persatuan yang berketuhanan YME yang..
4.        Sila keempat: Kerakyatan adalah kerakyatan yang berketuhanan YME yang...
5.        Sila kelima: Keadilan sosial adalah keadilan sosial yang berketuhanan YME yang.......
PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA, IDEOLOGI BANGSA DAN NEGARA INDONESIA
            Pancasila telah lahir sebelum RI berdiri, artinya Pancasilaa merupakan kontrak sosial antara neg.RI dengan rakyatnya. Pancasila sebagai dasar negara mwerupakan dasar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Dasar bagi kehidupan untuk berbangsa dan bernegara yang dikehendaki oleh Pancasila diambil dari nilai-nilai rohani dan budaya banagsa Indonesia.
            Pancasila sebagai dasar negara juga mengandung arti Pancasila merupakan kesadaran dan cita-cita hukum serta cita-cita moral yang meliputi suaasana kebatinan serta watak bgs. Indonesia.
Pancasaila sebagai ideologi negara dan bangsa :
            Ideologi berasal dari kata idea yang berarti “gagasan, konsep, cita-cita, pemikiran”, dan logos yang berarti ilmu. Dengan demikian  ideologi dapat diartikan dengan  cita-cita yang hendak diwujudkan oleh suatu masyarakat/bangsa  di masa depan  yang bersifat permanen (tetap).
            Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia berarti: masyarakat Pancasila(is) merupakan bentuk(model) masyarakat yang dicita-citakan oleh bangsa dan negara RI di masa depan, yakni masy. yang religius, humanis, nasionalis, demokratis dan sosialis.
Share on :
Bookmark and Share
| Jumat, 16 November 2012 | 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Entri Populer